Rabu, 01 April 2015

Tips Supaya Anak Gemar Membaca




Membaca memberikan banyak manfaat untuk anak, tentunya para orang tua juga senang jika anak-anaknya gemar membaca, baik itu buku pelajarannya di sekolah maupun buku cerita atau majalah.  

Tapi, bagaimana kalau anak-anak Anda lebih memilih senang bermain game atau bahkan menonton TV? Cobalah tips-tips berikut agar membaca menjadi kebiasaan menyenangkan bagi anak Anda.

Jangan Memaksa
Anak lebih suka membaca komik yang menurut Anda tak memiliki unsur pendidikan? Biarkan saja, Yang penting, jangan membunuh kegemaran membacanya. Cara paling ampuh membuat anak mau membaca adalah dengan tidak memaksanya membaca buku yang tak disukainya.

Ikuti Minat Anak
Jika anak Anda menyukai tokoh tertentu dari video game, ransanglah minat membacanya berdasarkan tokoh tersebut. Misal, komik bergambar dengan tokoh dan cerita yang sama seperti yang ada di video game. Atau jika anak Anda memiliki kegemaran tentang pesawat atau astronot, ransanglah minat membacanya dengan memberi ia buku pengetahuan seputar pesawat dan astronot.
Libatkan Anak Dalam Memilih Buku
Anak Anda mungkin tidak tertarik untuk membeli buku untuk dirinya sendiri, tapi Anda bisa memulainya dengan mencoba melibatkannya dalam memilih buku untuk adik atau saudaranya yang lain. Minta ia untuk memilihkan buku yang menurutnya baik. Dari situ, Anda bisa mendapat gambaran buku seperti apa yang akan ia sukai.

Penuhi Rumah Dengan Buku
untuk membiasakan anak suka buku ialah dengan membuat buku ada di sekeliling anak sejak kecil, taruhlah buku di tempat yang mudah di jangkau anak-anak sehingga anak bisa mengambilnya kapan pun ia suka.

Berikan Contoh
Hal yang amat penting agar anak suka membaca ialah orangtua juga harus rajin membaca, anak-anak adalah peniru yang baik, mereka akan meniru apa yang biasa dilakukan orangtuanya, jadi bila ingin anak gemar membaca maka tunjukanlah bahwa anda sebagai orangtua juga adalah pembaca yang baik, baik buku maupun media cetak lainnya. Singkatnya, orangtua harus memperlihatkan kalau membaca itu adalah kegiatan yang  mengasyikkan, dengan demikian kita berharap anak kita meniru perilaku ini  dan mereka juga jadi suka membaca.

Dari berbagai sumber 

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com