Rabu, 01 April 2015

Ketahui Dampak Mematikan Karena Kurang Tidur

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa biasanya tubuh membutuhkan minimal 8 jam untuk beristirahat setelah beraktivitas sehari-hari. 

Namun, kira-kira apakah akibat yang dihasilkan karena seringnya kurang tidur? Mungkin kebanyakan dari kita mengetahui efek dari kurang tidur yaitu hanya tubuh merasa lelah atau ngantuk lagi, kurang fokus atau kurang konsentrasi saja dan hal-hal lain yang dianggap sepele.

Namun tahukah Anda, bahwa ada dampak yang bahkan lebih berbahaya dari sekedar merasa lelah dan tidak fokusnya kita karena kurang tidur. Berikut penjelasannya :

1. Sel otak mati dan bisa menjadi penyebab timbulntya penyakit Alzheimer dan Demensia
Jika Anda begadang selama 19 jam berturut-turut selama 3 hari, maka hal tersebut akan mematikan sel-sel otak. Karena hal tersebut maka otak tidak dapat membersihkan plak protein sehingga menyebabkan penyakit demensia dan alzheimer.

2. Diabetes
Seseorang akan memiliki kemungkinan diabetes akibat kurang tidur tanpa memandang tingkat aktivitas maupun usia. Ini menurut Yale University Medical School.

3. Osteoporosis
Hal ini pernah dibuktikan oleh peneliti, bahwa kurang tidur selama 72 hari dapat mengakibatkan osteoporosis, namun penelitian ini diuji kepada seekor tikus. Namun, Steven R. Goodman, Ph.D editor utama dari Experimental Biology and Medicine mengatakan bahwa hal yang sama dapat pula terjadi kepada manusia.

4. Polip dan Kanker
Dari 1240 orang yang diskrining kanker kolektekral, sekitar 338 diantaranya tidur setiap harinya kurang dari 6 jam. Jangan lupa polip dan kanker payudara juga mengancam.

5. Serangan Jantung
Orang-orang yang kurang tidur akan beresiko terkena serangan jantung sebesar 48%. Karena saat kurang tidur biasanya tubuh akan stress dan tegang yang mempengaruhi tubuh untuk menghasilkan hormon dan zat kimia tertentu yang mengakibatkan serangan jantung.

Dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com