Jumat, 03 April 2015

Tips Menghadapi Rekan Kerja Pemalas

Rekan kerja pemalas bisa sangat mengganggu. Mereka dapat menghambat atau malah membuat pekerjaan Anda dan team menjadi berantakan. Atau Anda juga merasa tidak adil, terutama ketika rekan kerja pemalas mendapatkan gaji yang sama dengan Anda, padahal produktivitas mereka sangat rendah.

Silahkan simak beberapa tips menghadapi teman yang pemalas seperti dikutip dari Magforwomen :

1. Jangan biarkan teman pemalas mengalihkan perhatian Anda
Rekan kerja Anda mungkin malas dalam mengerjakan pekerjaan mereka, namun jangan biarkan pikiran Anda teralihkan karenanya.

Jika Anda secara konstan mengecek apa yang tengah mereka kerjakan, Anda justru bisa kehilangan waktu kerja karena terlalu memikirkan si rekan kerja pemalas.
Apabila Anda lebih tahu apa yang dikerjakan si rekan kerja ketimbang pekerjaan Anda sendiri, ini tandanya Anda telah teralihkan.

2. Jangan Ikut-ikutan
Anda mungkin menyadari bahwa rekan kerja Anda pemalas. Mereka bekerja dengan jadwal sesuka hati mereka dan bekerja dengan cara yang tidak produktif. Meski menyadari hal itu, jangan sampai Anda ikut-ikutan dengan cara kerja mereka.

Anda mungkin merasa bos tidak menyadari pekerjaan si rekan kerja dan akhirnya Anda malah meniru cara kerja malasnya. Sebisa mungkin tetap bekerja sesuai jadwal dan tenggat waktu yang ditentukan perusahaan. Jangan ikut menjadi pemalas, karena Anda akan rugi sendiri.

3. Jangan Rubah Perilaku Anda
Anda mungkin merasa terganggu bahkan kesal dengan sikap pemalas si rekan kerja. Anda merasa sikap malas mereka telah mempengaruhi produktivitas Anda.
 
Namun jagalah perilaku Anda, jangan sampai berubah karena sikap pemalas si rekan kerja. Cobalah untuk tidak terkontaminasi oleh perilaku mereka dan fokus pada pekerjaan Anda.

4. Jangan Memberi Bantuan Kepada Mereka
Jika rekan kerja malas, itu bukan masalah Anda. Jangan mengambil tanggung jawab mereka menjadi tanggung jawab Anda, hanya karena Anda menginginkan pekerjaan itu selesai.

Selama Anda bisa mengerjakan tugas-tugas Anda dengan baik, maka Anda tidak punya hal lain untuk dikhawatirkan. Jika Anda dan si rekan kerja melakukan satu tugas yang sama, maka bagi peran Anda dalam tugas tersebut. Anda bisa mengingatkan mereka untuk menyelesaikan perannya, tapi jangan mengerjakan apa yang sudah menjadi tugasnya.

5. Jangan Mau Berada Dalam Satu Proyek
Apabila memungkinkan, hindari berada dalam satu proyek dengan rekan kerja yang pemalas. Tentu saja, hal ini mungkin tidak akan terlihat bagus, tapi ini merupakan satu cara agar Anda tak terbebani oleh sikapnya.

Anda juga bisa meminta tenggat waktu yang lebih lama, jika tak bisa menghindari bekerja sama dengan si rekan kerja pemalas. Bicarakan juga cara kerja Anda pada si rekan kerja, agar Anda bisa tetap bekerja maksimal.


0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com