Rabu, 15 April 2015

Ini Penyebab Ketakutan Siswa Dalam Ujian Nasional dan Cara Mengatasinya


Seperti tahun-tahun sebelumnya, Ujian Nasional (UN) akan menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan siswa. Para siswa akan merasakan kekhawatiran yang mendalam, bahkan bisa mencapai tahap stres.

Standar nilai ujian nasional yang di tetapkan pemerintah menjadi tekanan bagi para siswa dalam belajar dan menghadapi ujian nasional.

Ada dua hal utama yang menjadi penyebab siswa-siswi takut menghadapi ujian nasional yaitu ketidaksiapan materi pelajaran dan yang kedua adalah kesiapan mental.

Siswa-siswi yang takut menghadapi ujian, biasanya karena mereka memang tidak menguasai materi pelajaran. Entah itu kurang belajar atau tidak memahami materi itu sendiri. Sehingga mereka takut dan tidak siap. Solusinya, mereka harus giat belajar atau mengikuti les tambahan sebelum ujian itu tiba. Jadi mereka tidak panik dan takut lagi.

Ketidaksiapan mental terjadi karena memang anak adalah tipe pencemas. Sehingga mereka mudah takut dan panik. Agar mereka tenang saat akan ujian, mereka perlu mengikuti terapi tertentu agar lebih rileks. Selain itu mendekatkan diri dan berdoa kepada Tuhan juga bisa menjadi solusi agar hati dan pikiran bisa menjadi tenang.

1 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com