Jumat, 03 April 2015

Tips Membersihkan Pestisida Pada Buah dan Sayuran

Bahan pestisida pada makanan sepertinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Pestisida yang merupakan bahan berbahaya ini sebenarnya banyak dimanfaatkan para petani untuk menjaga kualitas buah dan sayurannya dari serangan hama dan penyakit tanaman, dengan begitu para petani akan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Bahan makanan yang kita makan, terutama buah dan sayuran segar, mengandung residu pestisida. Walau tidak secara langsung, bahaya yang ditimbulkannya berdampak jangka panjang, seperti kanker, tumor dan penyakit kronis lainnya. untuk itu bagi Anda yang sering membeli buah dan sayuran harus dibersihkan dulu sebelum di konsumsi.

Berikut saya bagikan tips membersihkan pestisida pada buah dan sayuran :

1. Maksimalkan kegiatan mencuci
Gunakan air hangat dalam wadah dan cuci buah dan sayur selama Anda mencuci tangan. Anda juga bisa menggunakan sabun yang khusus atau aman untuk mencuci makanan. Pastikan Anda membilasnya di air mengalir secara menyeluruh.

2. Blanching
Ini adalah proses pembersihan di mana buah atau sayuran dimasukkan ke dalam air mendidih sebentar, kemudian didinginkan ke dalam air es atau dicuci di bawah air dingin untuk menghentikan proses memasak. Selain memudahkan pengupasan kulit, proses ini juga membantu mengangkat zat kimia yang menempel pada buah atau sayuran.

3. Rendaman cuka
Buat larutan yang menggunakan 10 persen cuka putih dan 90 persen air untuk merendam buah dan sayuran Anda. Pastikan buah dan sayuran yang dicelupkan terbilas larutan tersebut, lalu bilas. Hati-hati dengan buah yang memiliki kulit tipis karena larutan bisa merusak kulitnya.

4. Mengupas
Cara efektif lainnya untuk mengangkat sisa pestisida adalah dengan mengupas kulit sayuran atau buah. Teknik ini disarankan untuk menghindari kemungkinan zat kimia pestisida yang tidak bisa dicuci masuk ke perut Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com